Hikmah

Raja harapan kepada Allah
Bagaimana hidup dekat kepada Allah. Raja bisa muncul karena mencintai Allah. Hal hal yang tidak dicintai Allah kita menjauhinya.
Raja kepada Rosullah adalah bagaimana hidup meneladani kehidupan Rosul. Hikmah adalah ilmu yang disertai dengan pengamalan, perbuatan . Perbuatan yang logis , perbuatan yang tidak sia sia.
Seperti perbuatan sia sia seperti karaoke, menasihati dengan marah. Perkataan yang sia sia, menyulut mercon.  Didalam qur an ada 20 tempat membicaraan hikmat. Al baqorah 269

يُؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَآءُ  ۚ  وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا  ۗ  وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُولُوا الْأَلْبٰبِ
Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat.
[QS. Al-Baqarah: Ayat 269]

Istianah itu wajib mohon pertolongan Allah, dengan Istianah maka hikmah itu turun.
Kasiro ukurun tidak terkira. Jasad diusahakan penuh dengan hikmah.

Semakin tua makin nikmat dalam beribadah kepada Allah.  Baik dan banyak.  Paham dalam mengenal yang halal dan yang haram.  Harpan orang masuk surga. Rajin mencari ilmu dan tekun mengamalkan.
Tidak bisa yang bisa memahami ilmu dan hikmat tanpa pertolongan Allah swt.  Tidak ada yang bisa memahami ilmu al quran, ilmu agama kecuali ulul albab orang orang yang akal pikiran yang sehat.
Hikmat pertama ketika pertama dapat membaca Qur an.
Hikmat dapat mengamalkan ilmu agama. Dalam hal mentaati Allah dan mencontoh kehidupan Rosul. Dapat menjalankan ibadah wajib dan ibadah sunah.

Muhammad Tarmin Sarengat Al Lajeri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s