Zuhud

Jangan terlalu mencintai dunia yang sedang sedang saja. Terlalu condong dunia, terlalu terpesona kedunia karena dunia akan rusak dan binasa.

Keluarga Luqman:33 – Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah.
Qorun rajin berdagang namun dalam berdagang kianat, mula mula mau membayar zakat namun kemudiaan makin lama semakin susah membayar zakat dan bahkan mencaci maki orang yang mengambil zakat. Qorun termasuk kerabat nabi musa. Merasa kekayaannya hasil dari jerih payah.
Kekayaan  bahkan keledai dan kudanya dihias dengan mas.

Dalam hal ibadah bersungguh sungguh. Istianah mohon pertolongan Allah swt.

Gambaran hidup dalam bergelimpang dengan harta haram seperti ulat dalam kotoran hewan, atau kotoran manusia.  Tidak ada manusia yang mau terhadap ulat dalam kotoran.

Semua orang terpesona takjub terhada qorun.
Cerita (Al-Qaşaş)28:78 – 81 Karun berkata: “Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku”. Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.
Cerita (Al-Qaşaş):79 – Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar”.
Cerita (Al-Qaşaş):82 – Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Karun itu, berkata: “Aduhai, benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hambanya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah)”.

Muhammad Tarmin Sarengat Al Lajeri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s