Selamat Datang Tahun 1438 H

Bali

Memasuki tahun Baru 1438 Hijrah saat yang tepat untuk instropeksi diri dan evaluasi atau muhasabah diri perjalanan hidup dengan bertambah umur berarti jatah hidup makin berkurang . Telah banyak kesalahan dan dosa dilakukan serta kelalaian dalam berbicara bertindak.  Untuk muhasabah diri yang perlu dilakukan diantaranya :

  1. Taubat adalah perasaan menyesel yang benar atas dosa atau amal yang membuat diri kita menjauh dari ridho Allah swt. Setiap diri disetiap waktu keadaan telah melakukan perbuatan dosa baik yang disengaja maupun tidak disengaja.  Baik diwaktu sendirian dan diwaktu ramai orang. Menyesal tidak akan mengulagi lagi . Dosa yang dilakukan Panca indera dan anggota badan serta dosa lintasan hati serta pikiran yang kotor.
  2. Syukur . Apapun keadaan kita harus disyukuri kekurangan , kesempitan hati dan kesempitan rejeki  supaya lapang disyukuri. Bila untuk masalah dunia dan materi  kita melihat yang dibawah kita . Bila kita sehat lihat banyak saudara kita yang sedang sakit. Bila kita punya kendaraan Motor lihat saudara kita yang hanya milik sepeda. Bila Urusan akhirat kita melihat keatas untuk dapat bersemangat untuk mengapainya bukan karena iri dan dengki. Qonaah dengan karunia Allah dengan Iklas dan bergembira dengan setiap keadaan.
  3. Optimis Orang beriman selau optimis dengan harapan harapan yang baik untuk masa depan . Segala usaha dengan sungguh sungguh dan terus menerus tanpa rasa putus asa. Bila hari ini belum bisa berharap besok bisa dicapai, bila minggu ini belum  tercapai berharap minggu depan dapat diraih, bila tahun ini belum dapat berharap tahun depan dapat berhasil.
  4. Bersungguh sungguh dalam pikir dan kerja , Isi dengan program program yang selau diperbaiki setapak demi setapak menaik. dengan pelan dan pasti, yang akan berjalan dengan lebih mudah dan lebih enak. Terus belajar dengan membaca buku, mendatangi majelis ilmu, menemui guru yang kompetin dalam bidang yang unggul. Usaha maksimal dengan cara cara yang terbaik.
  5. Doa Berharap setiap usaha sehari hari dibantu Allah ,dengan mengharap  permintaan dalam doa selalu diijabah Oleh  maka perlu dijaga dengan harta yang halal baik untuk makanan, pakaian, kendaraan dan tempat tinggal. Doa dicapakan dengan harap harap doa dikabulkan dengan baik sangka. Allah swt akan bantu hambanya selama hamba membantu sesama. Bila ada orang lain memerlukan bantuan kita segera bantu baik dengan tindakan dan harta kita.
  6. Tawakal adalah berserah diri kepada Allah swt. segala usaha dengan bersungguh sungguh seraca berkelanjutan dengan istiqomah, dengan strategi yang jitu, berkolaberasi dengan tim yang tanggu, Berdoa berharap dimudahkan dan di kabulkan Allah swt dan hasil diserahkan kepada Allah swt. sehingga bila kita gagal tidak mudah setres dan putus asa.
  7. Waktu terus berjalan tanpa besa dihentikan jangan menantang arus akan lelah. kita ikuti arus maka perjalan bisa dengan laju dan suasana santai, Nikmati pemandangan perjalanan yang indah dan berpaling dari pemandanga yang buruk. Mengikuti pedoman kita yaitu Contoh Rosullah , dengan petunjuk Al quran dan sunah Nabi, Para sahabat , para suhada. Cari Akhirat dan janganlah lupa dunia. jangan di balik cari dunia dan jangan lupa akhirat. Karena akhirat lebih utamadari dunia. ibarat dunia adalah bila kita mencelupkan jari ke air laut ,air yang menetes itu dunia dan lautan itu akhirat.
Iklan

One thought on “Selamat Datang Tahun 1438 H

  1. Ping-balik: Selamat Datang Tahun 1437 H | CAHAYA AMAL MULIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s