Arba’een Nawawi

null

Dari Abu Dzar Al-Ghifari ra dari Nabi saw bersabda meriwayatkan firman Alloh ‘azza wa jalla, bahwa Dia berfirman: “Wahai hamba-hamba Ku! sesungguhnya Aku mengharamkan kedzaliman atas diri-Ku dan Aku mengharamkannya pula atas kalian, maka janganlah kalian saling mendzalimi. Wahai hamba-hamba Ku! kalian semua tersesat, kecuali orang yang Aku beri hidayah, maka mintalah hidayah itu kepada-Ku, niscaya Aku berikan hidayah itu kepadamu. Wahai hamba-hamba Ku! sesungguhnya kalian lapar, kecuali orang-orang yang Aku beri makan, maka mintalah makan kepada-Ku, niscaya Aku berikan makanan itu kepadamu. Wahai hamba-hamba Ku! sesungguhnya kalian adalah orang-orang tidak berpakaian, kecuali orang-orang yang telah Aku beri pakaian, maka mintalah pakaian kepada-Ku, niscaya Aku berikan pakaian itu kepadamu. Wahai hamba-hamba Ku! sesungguhnya kalian senantiasa berbuat dosa di malam dan siang hari sedangkan Aku akan mengampuni semua dosa, maka mintalah ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni kalian semua. Wahai hamba-hamba Ku! se sungguhnya kalian tidak dapat mendatangkan kemanfaatan bagi-Ku sehingga tidak sedikit pun kalian bermanfaat bagi-Ku. Wahai hamba-hamba Ku! sesungguhnya kalian semua tidak akan dapat mendatangkan bahaya bagi-Ku sehingga tidak sedikit pun kalian dapat membahayakan-Ku. Wahai hamba-hamba Ku! andaikan kalian semua dari yang awal sampai yang terakhir, baik dari bangsa manusia maupun jin, semuanya bertakwa dengan ketakwaan orang yang paling takwa di antara kalian, hal itu tidak menambah sedikit pun dalam Kerajaan-Ku. Wahai hamba-hamba Ku! andaikan kalian semua dari yang awal sampai yang terakhir, baik dari bangsa manusia maupun bangsa jin, berdiri di atas satu dataran lalu meminta apa pun kepada-Ku, lalu aku penuhi semua permintaan mereka, hal itu sedikit pun tidak mengurangi kekayaan yang Aku miliki, hanya seperti berkurangnya air samudra ketika dimasuki sebatang jarum jahit (kemudian diangkat). Wahai hamba-hamba Ku! semua itu perbuatan kalian yang Aku hitungkan untuk kalian, kemudian Aku membalasnya kepada kalian. Maka barangsiapa mendapatkan kebaikan, hendaklah ia memuji Alloh, dan barang siapa mendapatkan selain itu, hendaklah ia tidak mencela kecuali dirinya sendirinya”. (HR. Muslim)
Hadits Qudsi
Hadits Qudsi adalah firman Alloh yang disampaikan oleh Nabi saw yang bukan Al Quran. Ulama berbeda pendapat tentang lafadz hadits Qudsi, sebagian berpendapat lafadznya dari Alloh, sebagian yang lain berpendapat maknanya dari Alloh, adapun lafadznya dari Rasulullah saw
Kedzaliman
Kedzaliman adalah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya. Kedzaliman ada dua martabat, yaitu mendzalimi diri sendiri, dan mendzalimi orang lain. Mendzalimi diri sendiri ada dua bentuk yaitu syirik, dan perbuatan dosa atau maksiat. Mendzalimi orang lain adalah menyia-nyiakan atau tidak menunaikan hak orang lain yang wajib ditunaikan.
Hidayah
Hidayah ada dua macam yaitu Hidayatul Irsyad dan Hidayatut Taufiq. Hidayatul Irsyad adalah ilmu dan penjelasan. Hidayatut Taufiq adalah amal terhadap ilmu atau ittiba’.

Posted from WordPress by mtarmin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s